Minggu, 27 Januari 2013

Cara Menjaga Kesehatan Calon Bayi Dan Ibu Hamil



HAMIL adalah suatu kondisi yang sangat rentan. Perlu kehati-hatian untuk tetap mempertahankan kesehatan janin dan si ibu . Namun, tak banyak ibu hamil yang memperhatikannya.  Apalagi, ibu-ibu hamil yang kurang bijak dan tak banyak pengetahuan, seperti perempuan yang melakukan pernikahan dini. Berikut beberapa cara yang tepat agar kondisi si calon bayi dan sang calon ibu tetap sehat:
Selalu kontrol kehamilan ke dokter


Minimal setiap sebulan sekali mengecek kondisi bayi dan ibu. Bila si ibu mempunyai keluhan atau mempunyai kekhawatiran , periksakanlah ke dokter, walaupun belum saatnya kontrol.
Konsumsi air putih




Air dibutuhkan untuk membawa nutrisi dari darah ke janin dalam kandungan, sehingga dibutuhkan sekitar satu gelas air setiap jamnya. Tak heran bila kecukupan minum juga mampu menghindarkan  dari kemungkinan lahir prematur
.

Penuhi kebutuhan gizi



Untuk mencukupi kebutuhan ibu dan anak, asupan kalori per hari pada ibu hamil biasanya lebih besar 300 kalori dibanding kebutuhan pada saat tidak hamil. Selain itu, jangan lupa mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral(seperti kalsium, zat besi dan folat) dan serat dapat terpenuhi. Selain itu, ibu hamil dianjurkan untuk minum susu (yang diformulasikan khusus untuk masa kehamilan).


Hindari rokok


Asap rokok akan membuat  bayi lahir dengan berat badan yang kurang, kematian si kecil dalam kandungan atau si kecil mudah jatuh sakit atau lambat dalam mempelajari sesuatu nantinya, dan yang lebih parah dapat menyebabkan keguguran.

Istirahat yang cukup



Tidurlah antara pukul 10 malam dan 6 pagi sesering mungkin. Kurang tidur menyebabkan  gangguan pada fungsi tiroid yang menghadapkan seseorang pada risiko kelebihan berat badan.


Selalu berfikir positif
Sungguh baik bila seorang ibu berpikir bahwa dirinya adalah seorang perempuan yang cantik dan bersemangat. Karena tubuhnya akan mengikuti instruksi pemikiran ini. Begitu pula menurut  penelitian air terkenal dari Dr. Emoto agar kita selalu menjaga pandangan positif dalam segala hal yang kita lakukan.


Konsumsi vitamin Asam Folat



Mengkonsumsi vitamin Asam Folat 400 mikrogram perhari
 (sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dll.)


Selalu jaga kebersihan
Dengan 
menjaga kebersihan seperti mencuci tanganakan mencegah penyebaran kuman dan virus yang dapat menyebakan penyakit.


Hindari kafein



Kafein terdapat pada kopi,teh dan minuman bersoda. Menurut penelitian, kafein mempunyai efek diuretik yaitu mengambil cairan dan kalsium yang sangat dibutuhkan janin dari tubuh, selain itu kafein dapat merusak suasana hati dan mengganggu istirahat bagi ibu hamil.

Hindari makanan cepat saji/penyedap


Karena dapat menghambat perkembangan otak pada janin.


Mempersiapkan kesehatan secara fisik dan psikis



Menjaga kesehatan fisik adalah dengan cara mengatur emosi pada ibu hamil. Tenangkan hati dan pikiran dengan melakukan relaksasi seperti yoga, mendengarkan musik dan istirahat yang cukup. Jauhkan hal-hal yang dapat menimbulkan stress dan berpikirlah secara positif.


Tetap beraktifitas



Tetaplah beraktifitas karena akan baik untuk sang ibu maupun calon bayi. Ibu hamil juga dapat melakukan olahraga seperti berjalan kaki dan ikut kelas senam ibu hamil. Di sela-sela aktifitas, jangan lupa untuk istirahat yang cukup.

Konsumsi cokelat
Kandungan theobromine di dalam cokelat hitam dapat menstimulasi jantung, membuat otot-otot tubuh terasa lebih rileks, dan memperbesar pembuluh darah. Sehingga, bagi ibu hamil dapat membantu mencegah komplikasi pada kehamilan yang dikenal dengan preeklamsia.
Hindari gorengan
Asam lemak  yang terkandung dalam gorengan bisa menyebabkan bayi lahir  prematur karena dapat mengganggu asupan asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh calon bayi.

Nah, itulah hal-hal kecil yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan sang bayi. hal-hal itu perlu dilakukan karena tak hanya berdampak hingga proses kelahiran, namun juga sampai pada kehidupan si anak kelak. Maka dari itu, untuk menciptakan generasi-generasi penerus bangsa yang sehat perlu adanya cara-cara yang tepat seperti cara di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar